Tekhnologi Masa Depan

Label:

Teknologi berkembang sangat pesat . Mulai dari teknologi penghematan energi , teknologi pembuatan microchip  . Server ditahu yang akan datang sudah tidak memerlukan tempat yang luas , cukup seukuran kamar 3x3 , karena prosessor yang semakin cepat , memiliki inti yang banyak , hemat energi , dan tidak memerlukan pendingin tambahan karena panas yang dihasilkan kecil . Masa depan komputer TV tidak memerlukan layar , melainkan menggunkan hologram , tinggal disentuh atau digeser. Perkembangan komputer juga semakin pesat , sebuah prosessor dapat menampung puluhan core atau inti dan memiliki clock speed yang tinggi dan hemat energi . 

Perkembangan informasi melaju dengan pesat , informasi dapat diperoleh dalam hitungan detik . Berita di TV , majalah akan menjadi media yang ditinggalkan . Diperkiran 90% penduduk dunia sudah menikmati internet . Kecepatan internet dapat mencapai hingga 1GBps bahkan lebih . Jaringan LTE yang saat ini mulai digunakan , pada masa masa yang akan datang dapat menikmatinya . Pada kota metropolitan jaringan WIFI dapat digunakan secara cuma-cuma . Teknologi wimax sudah dapat digunakan secara umum . Protokol IPv4 sudah penuh atau bahkan punah , digantikan dengan Ipv6 . Berkembangnya teknologi juga diikuti berkembangnya sistem keamanan yang tinggi . Kemampuan enkripsi data ditingkatkan , agar data tidak di retas oleh para hacker .
Perkembangan media informasi semakin pesat , contohnya handphone . Hp masa depan handphone memilki layar hologram. Ketebalannya hanya setipis kertas. Bagian inti atau CPU memiliki 16 core atau lebih , bahkan kecepatannya bisa 4GHz . Untuk bagian kamera mungkin bisa setara dengan kamera DSLR saat ini . Media penyimpanan data bisa mencapai 1TB . Memiliki konektifitas internet yang langsung tersambung ke satelit . Hal ini memungkinkan informasi datang dalam hitungan detik . Handphone menjadi media informasi utama karena leih efisien , ringan , dan dapat dibawa kemana-mana .


Masa depan listrik dapat dipakai secara lebih bebas karena berkembangnya PLTN . Listrik tidak memerlukan kabel , digunkan secara nirkabel . Di kota metropolitan , listrik nirkabel digunakan secara bebas , media yang menggunakan listrik akan langsung terhubung dengan listrik nirkabel . Perkembangan alat pembayaran konvesional berupa uang kertas sudah mulai ditinggalkan , digantikan alat pembayaran elektronik , seperti kartu atm , sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana .

Perkembangan media digital semakin cepat , sudah tidak ada televisi analog . Semua televisi langsung terhubung ke satelit . Resolusi layar semakin meningkat , resolusi Ultra HD menjadi standart resolusi masa depan . Perkembangan tersebut juga diikuti perkembangan hardware multimedia , seperti perkembangan VGA komputer untuk urusan multimedia . VGA komputer semakin cepat , memiliki clock speed yang tinggi , hemat energi , dan tentunya menghasilkan panas yang sedikit .

Perkembangan cloud computing berkembang pesat , cloud computing terdapat disemua gadget yang memiliki memori . Karena kecepatan internet yang semakin cepat bukan tidak mungkin cloud computing akan menjadi media untuk berbagi data pribadi maupun umum .

( dikutip dari  : agustes.blogspot.com )

0 komentar:

Post a Comment